Minat Penggunaan Sistem Informasi Electronic Commerce : Pendekatan Dekomposisi Model Kesuksesan DeLone dan McLean
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan minat dalam menggunakan E-Commerce dengan model kesuksesan E-Commerce DeLone dan McLean yang disesuaikan. Obyek penelitian adalah mahasiswa S1 FEB UB yang berstatus aktif dan menggunakan E-Commerce. Respon yang diperoleh adalah sebanyak 201 mahasiswa. Peneliti menggunakan teknik regresi berganda untuk menguji data penelitian dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna dan kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan E-Commerce. Sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifakan terhadap kepuasan pengguna. Implikasi dari penelitian ini menyesuaikan model penelitian milik DeLone dan McLean (2003) dan hasil penelitian relevan dalam hal mengembangkan faktor yang mendukung kesuksesan E-Commerce.
Kata Kunci: E-Commerce, model kesuksesan DeLone dan McLean, minat penggunaan, kepuasan pengguna, kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, kepercayaan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.