Pengaruh Lingkungan Kerja, Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Ners Muda di Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo)

Moch. Ghasi Ardiantoro

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan stres kerja terhadap kepuasan kerja dari Ners Muda yang sedang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo, sehingga diduga apakah lingkungan kerja dan stres kerja mempengaruhi kepuasan kerja dan manakah yang lebih dominan antara lingkungan kerja dan stres kerja dalam mempengaruhi stres kerja.
Dalam penelitian ini menggunakan metode desain penelitian kausal yang berupa sebab-akibat, bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel penelitian melalui uji hipotesis. Data dalam penelitian ini diperoleh dalam berbagai cara seperti : kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang  digunakan berjumlah 89 responden dengan menggunakan sampling jenuh. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dari responden adalah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan koefisien determinasi yang diolah menggunakan SPSS versi 13 untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan stres kerja terhadap kepuasan kerja Ners Muda yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo. Variabel bebas didalam penelitian ini adalah lingkungan kerja (X1) dan stres kerja (X2) sedangkan variabel terikat adalah kepuasan kerja (Y). Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang dilakukan adalah variabel lingkungan kerja (X1) dan stres kerja (X2) secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan kerja (Y). Selain itu variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap variabel terikat adalah variabel lingkungan kerja (X1). Hal ini berarti bahwa lingkungan kerja yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo untuk diciptakan se kondusif mungkin sehingga kepuasan kerja yang didapatkan oleh para Ners Muda juga ikut meningkat.

Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Stres Kerja, Kepuasan Kerja.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.