PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KERJA KARYAWAN (STUDI PADA KARYAWAN PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk. MALANG, JAWA TIMUR)

Fery Fauzi

Abstract


Penelitian ini dilakukan di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Malang, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung motivasi kerja dan kompensasi non finansial terhadap kepuasan kerja dan loyalitas kerja karyawan, serta mengetahui pengaruh tidak langsung motivasi kerja dan kompensasi non finansial terhadap loyalitas kerja melalui kepuasan kerja karyawan.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research. Jumlah karyawan di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Malang sebagai respondennya adalah 63 orang, dengan menggunakan pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisoner diukur dengan skala likert. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh Motivasi Kerja dan Kompensai Non Finansial terhadap Kepuasan dan Loyalitas Kerja Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Malang. Hasil penelitian ini adalah: (1) Motivasi Kerja berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Kerja karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Malang. (2) Kompensasi Non Finansial berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Kerja karyawan, (3) Kompensasi Finansial berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Kerja karyawan, (4) Kompensasi Non Finansial berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Kerja karyawan, (5) Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Kerja karyawan, (6) Motivasi Kerja berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Kerja  melalui Kepuasan kerja karyawan, (7) Kompensasi Non Finansial berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Kerja melalui Kepuasan kerja karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Malang.

Kata kunci : Motivasi Kerja, Kompensasi Non Finansial, Kepuasan Kerja, Loyalitas Kerja.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.