Kepemilikan Keluarga, Leverage, dan Kinerja Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2011-2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Faktor-faktor tersebut adalah kepemilikan keluarga, leverage, dan kinerja perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015 yang berjumlah 145 perusahaan. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling yang kemudian diperoleh sebanyak 66 perusahaan sampel yang memenuhi kriteria. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 17.0 for windows dengan menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menguji data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemilikan keluarga, leverage, dan kinerja perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan variabel kepemilikan keluarga, leverage, dan kinerja perusahaan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap nilai perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari r square yang mencapai 50% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dihitung dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Kepemilikan Keluarga, Leverage, Kinerja Perusahaan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).