PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN, PENDIDIKAN, KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEBAHAGIAAN MASYARAKAT ASIA

M RULLY FIRMANSYAH

Abstract


Kebahagiaan merupakan tujuan akhir dalam hidup. Namun untuk mengukur kebahagiaan seseorang tidaklah mudah, banyak pendapat yang bermunculan.Ada yang mengatakan kebahagiaan itu dapat di ukur melalui kepuasan hidup seseorang, ada yang mengatakan kebahagiaan itu dapat diukur melalui pendapatan, pendidikan, dan kesehatan seseorang. Banyaknya pendapat masyarakat untuk mengukur kebahagiaan seseorang maka muncul indikator kebahagiaan. Saat ini ada 48 indikator.Salah satu yang paling akurat adalah HPI (Human Planet Indeks).Oleh karena itu  indikator HPI ini sangatlah penting bagi negara untuk meningkatkan kebahagiaan masyarakatnya. Berdasarkan penjelasan itu peneliti melakukan penelitian berjudul Pengaruh Tingkat Pendapatan, Pendidikan, Kesehatan Terhadap tingkat Kebahagiaan Masyarakat di ASIA.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh tingkat pendapatan, pendidikan, kesehatan terhadap tingkat kebahagiaan masyarakat di ASIA.Dalam penelitian ini menggunakan sumber data sekunder yang dilakukan dengan mengambil data indeks pendapatan, pendidikan dan kesehatan di ASIA serta data Human Planet Indeks di ASIA.

Hasil dari analisis menggunakan metode kuantitatif menunjukkan bahwa variable independen yaitu pendapatan, pendidikan dan kesehatan berpengaruh positif signifikan terhadap variable dependen HPI (Human Planet Indeks).

 

Kata Kunci : Pendapatan, Pendidikan, Kesehatan, HPI (Human Planet Indeks).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.