PENGARUH CONSUMER PERSONALITY, BRAND PERSONALITY, DAN CORPORATE PERSONALITY TERHADAP BRAND PREFERENCE (Studi Pada Konsumen Mobil Merek Toyota Avanza di Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian konsumen, kepribadian merek, dan kepribadian perusahaan terhadap pilihan merek oleh konsumen mobil merek Toyota Avanza di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel – variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang diambil dari populasi konsumen mobil merek Toyota Avanza di Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik sampel yaitu responden yang pernah membeli atau telah memiliki mobil merek Toyota Avanza minimal selama satu tahun, berusia minimal 17 tahun, dan telah menetap di Kota Malang lebih dari satu tahun. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji f dan uji t. Teknik analisis data menggunakan analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian konsumen, kepribadian merek dan kepribadian perusahaan secara bersama - sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pilihan merek. Variabel kepribadian konsumen dan kepribadian merek secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel pilihan merek, sedangkan variabel kepribadian perusahaan tidak. Penelitian ini juga membuktikan bahwa kepribadian merek merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap variabel pilihan merek.
Â
Kata kunci      : Kepribadian konsumen, Kepribadian merek, Kepribadian perusahaan, Pilihan merek
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).