ANALISIS EARNINGS MANAGEMENT DAN KINERJA PERUSAHAAN PADA BADAN USAHA MILIK NEGARA YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING

Fariz Hermawan, Imam Subekti

Abstract


Perkembangan dan perubahan yang cepat terhadap lingkungan bisnis perusahaan mendorong setiap negara untuk mengambil suatu kebijakan yang tepat dalam menghadapi perubahan tersebut. Kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang kurang baik menjadi salah satu alasan pemerintah melakukan privatisasi, Privatisasi berarti melibatkan modal swasta dalam struktur modal perusahaan sehingga kinerja keuangannya dapat dipengaruhi langsung oleh investor melalui mekanisme pasar. Salah satu masalah yang mungkin terjadi ialah apakah BUMN yang go public melakukan tindakan oportunis dengan melakukan manajemen laba sebelum IPO.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan.apakah BUMN melakukan praktik manajemen laba sebelum IPO kemudian apakah BUMN tersebut mengalami penurunan kinerja perusahaan. Analisis data statistik yang digunakan adalah one sample test untuk menguji manajemen laba (discretionary accrual) dan penurunan kinerja saham (return saham) kemudian paired sample test untuk menguji penurunan kinerja keuangan (Return On Equity).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata BUMN yang melakukan IPO tidak terindikasi melakukan praktik manajemen laba. Selain itu ditemukan bahwa kinerja perusahaan BUMN tersebut tidak mengalami penurunan. Hal ini menunjukkan bahwa investor memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap BUMN dibandingkan perusahaan swasta.

Kata Kunci : BUMN, Manajemen Laba (Discretionary Accrual), Kinerja Saham (Return Saham), Financial Performance (Return On Equity).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.