PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAMERA DSLR CANON (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang )
Abstract
Fotografi merupakan bidang komunikasi visual yang banyak diminati di Indonesia bahkan dunia. Fenomena perkembangan dunia fotografi saat ini membuat kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) tidak hanya dimilik ioleh orang yang mempunyai hobi fotografi dan orang yang bekerjase bagai fotografer saja.
Tujuan penelitian ini untuk mngetahui pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian kemera DSLR Canon. Penelitian ini menggunakan 100 sampel yang diambil dari mahasiswa Universitas Brawijaya Malang yang pernah melakukan pembelian terhadap produk kamera DSLR Canon. Metode yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknikpurposive sampling. Metode analisis data yanbg digunakan adalag analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 21.0 for Windows.
Berdaasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya pengaruh dari citra merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian kamera DSLR Canon. Variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan ppembelian dengan nilai 0,000. Variabel kepercayaan merek juga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,009. Serta variabel citra merek dan kepercayaan merek secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan Fhitung 58,377 > Ftabel 3,090.
Kata Kunci : Citra Merek, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).