ANALISA PENERIMAAN PAJAK REKLAME KOTA MALANG

Silvia Ristina Puspitaningsih, Susi lo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh jumlah penduduk dan jumlah industri terhadap penerimaan pajak reklame Kota Malang serta menganalisa faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan pajak reklame Kota Malang. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder runtun waktu kuartal dimana data runtun waktu kuartal yang digunakan adalah data tahun 2001.1-2011. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi analisis VECM dengan menggunakan bantuan software EVIEWS 6.1. Model VECM dipilih dalam penelitian  karena diharapkan model VECM dapat menjelaskan perilaku variabel-variabel penelitian dalam jangka  pendek dan jangka panjang. Hasil VECM dalam jangka pendek variabel penduduk dan industri  berpengaruh terhadap penerimaan pajak reklame. Dalam jangka panjang variabel semua variabel berpengaruh terhadap penerimaan pajak reklame Kota Malang tetapi yang memiliki pengaruh positif adalah jumlah penduduk Kota Malang sedangkan jumlah industri Kota Malang berpengaruh secara negatif. Selain dipengaruhi jumlah penduduk dan industri, ternyata penerimaan pajak reklame Kota Malang dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

Kata kunci: Penerimaan pajak reklame, jumlah penduduk, jumlah industri, Kota Malang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.