Pengaruh Entrepreneurial Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing dengan Inovasi Sebagai Variabel Mediasi. (Studi Pada UKM Kuliner di Kota Malang)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh entrepreneurial marketing dan inovasi terhadap keunggulan bersaing pada UKM kuliner di kota Malang, baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melaluipengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 130 responden yang diambil dari populasi UKM kuliner di kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik sampel yang dipilih yaitu UKM terletak di kawasan kota malang, merupakan usaha kecil menengah yang menjual kuliner makanan, dan usaha minimal sudah berjalan 1 tahun. Data diperoleh dengan melakukan survei dan metode analisis menggunakan PLS SEM 2.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara entrepreneurial marketing dengan inovasi. entrepreneurial marketing berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Inovasi berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. hipotesa ke empat, entrepreneurial marketing berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap keunggulan bersaing melalui iovasi.
Kata kunci : entrepreneurial marketing, inovasi, keunggulan bersaing.
Full Text:
XMLRefbacks
- There are currently no refbacks.