Pengaruh Entrepreneurial Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing dengan Inovasi Sebagai Variabel Mediasi. (Studi Pada UKM Kuliner di Kota Malang)

Widyanta Kristina Purba

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh entrepreneurial marketing   dan inovasi terhadap keunggulan bersaing pada UKM kuliner di kota Malang, baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melaluipengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 130 responden yang diambil dari populasi UKM kuliner di kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik  purposive sampling  dengan karakteristik  sampel yang  dipilih  yaitu  UKM terletak  di kawasan kota malang,  merupakan  usaha  kecil  menengah  yang  menjual  kuliner  makanan,  dan  usaha minimal  sudah  berjalan  1  tahun.  Data  diperoleh  dengan  melakukan  survei  dan  metode analisis  menggunakan  PLS  SEM  2.0.  Hasil  dari  penelitian  ini  menunjukkan  terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara entrepreneurial marketing dengan inovasi. entrepreneurial marketing berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Inovasi berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. hipotesa ke empat,  entrepreneurial marketing  berpengaruh  tidak  langsung  secara  signifikan  terhadap  keunggulan  bersaing melalui iovasi.

 

 

Kata kunci : entrepreneurial marketing, inovasi, keunggulan bersaing.


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.