ANALISIS PERUMUSAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA UMKM KULINER KRR’S OTENTIK

Ricky Pradipta Hutama Putra

Abstract


Persaingan usaha kuliner di Indonesia semakin ketat, tak terkecuali di Kota Malang. Banyak usaha kuliner yang bermunculan baik dari usaha skala besar maupun UMKM yang mendasari pentingnya perumusan strategi pengembangan bisnis bagi setiap usaha kuliner untuk menjaga keberlangsungan usaha agar dapat bersaing dengan banyaknya pesaing yang ada. KRR’S OTENTIK merupakan salah satu UMKM kuliner di Kota Malang dengan produk nasi panggang sebagai sajian utama. Selama kurang lebih satu tahun usaha berjalan, penjualan atas produk yang ditawarkan KRR’S OTENTIK masih tidak stabil. Kurangnya perencanaan serta belum optimalnya pemasaran yang dilakukan menjadi penyebab utama atas ketidakstabilan penjualan tersebut. Kondisi tersebut melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini yakni dengan tujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal di KRR’S OTENTIK, melakukan formulasi strategi, hingga menghasilkan keputusan strategi yang tepat guna pengembangan usaha. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa data primer dari wawancara, serta data sekunder berupa dokumen, jurnal dan sebagainya. Alat analisis yang digunakan yaitu Matriks IFE-EFE, SWOT, IE, serta Matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis akhir, strategi yang paling tepat untuk digunakan KRR’S OTENTIK adalah strategi penetrasi pasar, yaitu upaya peningkatan pangsa pasar melalui usaha pemasaran yang lebih besar. Kata kunci: kuliner, strategi, pengembangan usaha, strategi penetrasi pasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.