PENYUSUNAN STRATEGI BISNIS PADA USAHA BANGGA SUPPLIER DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN

ANGGA DWI SAPUTRA

Abstract


Berkembangnya ekonomi pada industri pariwisata di Kota Malang, memberikan dampak positif bagi hadirnya wirausaha pendukung sektor pariwisata seperti usaha di bidang supplier bahan baku makanan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan strategi bisnis pada Bangga Supplier dalam memenangkan persaingan usaha dengan menggunakan serangkaian alat analisis yang terdiri dari Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks SWOT, Matriks IE, dan Matriks QSPM. Jenis penelitian ini adalah kualitatif studi kasus, pada objek penelitian Bangga Supplier. Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode analisis permasalahan yang digunakan adalah dengan tahapan penyusunan strategi menurut Fred R. David. Berdasarkan hasil analisis tersebut didapatkan bahwa peluang yang dihadapi Bangga Supplier lebih besar daripada ancaman serta perusahaan memiliki kelemahan internal yang lebih besar daripada kekuatan. Pilihan strategi yang dihasilkan pada matriks SWOT adalah Kelemahan-Peluang. Mengacu pada matriks IE, perusahaan berada di kuadran I yaitu kondisi tumbuh dan berkembang. Pada matriks SPACE menghasilkan strategi alternatif yaitu strategi agresif. Alternatif strategi yang dihasilkan adalah strategi pengembangan produk dan penetrasi pasar. Serta strategi prioritas yang akan diterapkan adalah strategi penetrasi pasar. Kata kunci: Strategi bisnis, pariwisata, pemasok.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.