MOTIVASI MILENIAL PADA PENGGUNAAN OUTFIT BATIK (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Haqu Imaning Elmiani

Abstract


Batik merupakan warisan budaya asli Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas motif batik sendiri. Batik saat ini sudah sangat berkembang dalam hal pewarnaan serta berbagai jenis model pakaian batik yang diciptakan. Namun, dengan keberagaman batik yang ada saat ini banyak generasi milenial yang enggan menggunakan batik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi unsur apakah yang dapat memotivasi generasi milenial untuk menggunakan batik. Selain itu, untuk menemukan solusi dalam rangka meningkatkan minat generasi milenial menggunakan batik. Penelusuran terhadap unsur-unsur motivasi generasi milenial dimulai dari mengidentifikasi pengetahuan para milenial tentang batik, jumlah batik yang dimiliki, intensitas dalam menggunaan batik, mengungkap sumber motivasi generasi milenial memilih menggunakan batik, serta upaya menumbuhkan minat dalam menggunakan batik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara sehingga mampu menggali lebih dalam terkait motivasi para milenial menggunakan batik. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang menurut pengamatan peneliti merupakan mahasiswa yang sering menggunakan batik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menemukan berbagai unsur yang memotivasi generasi milenial seperti adanya anjuran dari lingkungan kampus, sebagai bentuk tanggung jawab melestarikan budaya, serta kepercayaan atau tradisi yang sudah menjadi kebiasaan. Kata Kunci : Motivasi, Milenial, Batik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.