PENGARUH PROFITABILITAS, TANGIBILITY ASSET, LIKUIDITAS, DAN PAJAK TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Pada Perusahaan Konstruksi Bangunan Yang Terdaftar di BEI)

Desi Xena Natalia

Abstract


Struktur modal merupakan perimbangan antara penggunaan hutang dengan penggunaan ekuitas untuk pembiayaan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan struktur modal perusahaan konstruksi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Variabel-variabel yang diteliti antara lain profitability, tangibility asset, liquidity dan tax rate. Keempat determinan ini diambil dari gap penelitian terdahulu yang memberikan hasil yang berbeda.

Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu menerapkan kriteria-kriteria tertentu yang mengeleminisasi populasi sesuai dengan kerpeluan penelitian. Banyaknya sampel yang digunakan dalam penelitian berdasarkan hasil dari purposive sampling sebanyak 34 perusahaan konstruksi yang terdaftar di BEI periode 2015-2018. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang didahului oleh uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, uji F dan R2. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa profitabilitas, tangibility asset, likuiditas dan pajak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal.

Kata Kunci : Struktur Modal, Profitabilitas, Tangibility Asset, Likuiditas, Pajak

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.