Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Penerapan Good Corporate Governance (Studi Kasus Pada PT Kimia Farma,tbk) Ajidio Mobilala (0910220054)

Ajidio Mobilala, Juni Herawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan kinerja keuangan serta memberikan bukti empiris bahwa  Good Corpaorate Governance  (GCG) berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan dalam hal ini pada PT.Kimia Farma  Tbk, khususnya melalui pengukuran Return On Asset, Return On Equity, Net Profit Margin, Current ratio dan Price Earning Ratio.  

Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan data sekunder, yaitu laporan tahunan PT. Kimia Farma , Tbk. Sumber data yang dalam penelitian adalah laporan tahunan periode sebelum penerapan mekanisme  Good Corpaorate Governance (Tahun 2004-2007) dan setelah penerapan mekanisme Good Corpaorate Governance  (Tahun 2009-2012). Metode pengumpulan data dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif  

Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kondisi kinerja keuangan setelah diterapkannya mekanisme  Good Corpaorate Governance  (GCG). Selain itu rasio-rasio keuangan yang digunakan sebagai pengukur seperti Return On Asset, Net Profit Margin, Current Ratio  dan    Return On Equity  berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan untuk rasio Price Earning Ratio  pada penelitian ini berhasil menemukan adanya pengaruh negative dan signifikan setelah perusahaan menerapkan mekanisme mekanisme Good Corpaorate Governance (GCG).  

Kata Kunci : Good Corporate Governance, Return On Asset, Return On Equity, Net Profit Margin, Capital Adequancy Ratio.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.