PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA REPUTASI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERBANKAN DI INDONESIA)

Aulia Nofrianti

Abstract


Perusahaan Perbankan merupakan perusahaan yang sangat sensitif terhadap reputasi karena perusahaan perbankan bergerak dibidang jasa yang highly regulated. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance pada Reputasi Perusahaan Perbankan di Indonesia. Laporan dari 15 perusahaan selama lima tahun (2014-2018) yaitu 75 sampel yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadi sampel yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin baik pengungkapan CSR dan GCG, maka akan cenderung meningkatkan reputasi perusahaan. Ukuran dan pertumbuhaan perusahaan dalam penelitian ini juga dapat meningkatkan reputasi perusahaan, namun leverage tidak dapat meningkatkan reputasi perusahaan, karena besar kecilnya hutang tidak terlalu diperhatikan oleh investor, investor lebih memperhatikan bagaimana pihak manajemen perusahaan menggunakan dana tersebut dengan efektif dan efisien untuk meningkatkan reputasi perusahaan.

Kata Kunci: CSRD, GCG, Reputasi Perusahaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.