PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI BEI PERIODE TAHUN 2016-2108)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung Corporate Social Responsibility terhadap Nilai perusahaan, dan untuk menguji pengaruh langsung Corporate Social Responsibility terhadap profitabilitas, serta untuk menguji pengaruh Corporate Social
Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode pengambilan tersebut diperoleh 17 perusahaan pertambangan selama 3 tahun penelitian yakni 2016–2018,
menggunakan metode analisis jalur (path analisys). Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh langsung pada nilai perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Profitabilitas berpengaruh langsung terhadap nilai perusahaan sektor pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Hasil
penelitian juga menunjukkan bahwa variabel profitabilitas tidak dapat memoderasi pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Nilai Perusahaan
Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode pengambilan tersebut diperoleh 17 perusahaan pertambangan selama 3 tahun penelitian yakni 2016–2018,
menggunakan metode analisis jalur (path analisys). Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh langsung pada nilai perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Profitabilitas berpengaruh langsung terhadap nilai perusahaan sektor pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Hasil
penelitian juga menunjukkan bahwa variabel profitabilitas tidak dapat memoderasi pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Nilai Perusahaan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.