Pengaruh Social Media dan Electronic Word-of-Mouth Terhadap Purchase Intention dengan Brand Attitude Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen Online Starbucks Coffee Kota Pekanbaru)

Rana Athifah Achyar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media, Electronic Word-of-Mouth, dan Brand Attitude terhadap Purchase Intention pada konsumen online Starbucks Kota Pekanbaru baik langsung maupun tidak langsung. Jenis dari penelitian ini merupakan explanatory research yang menjelaskan kedudukan antar variabel melalui pengujian hipotesis. Pada penelitian ini, sampel yang digunakan sebanyak 160 orang diambil dari populasi konsumen yang pernah membeli produk Starbucks secara online ataupun calon konsumen online Starbucks. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan karakteristik pengunjung minimal berusia 18 tahun, pernah membeli produk Starbucks secara online, atau memiliki niat untuk membeli produk Starbucks secara online. Pengolahan data yang telah dikumpulkan menggunakan Partial Least Square (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 3.3.2. Pengujian hipotesis menggunakan sistem bootstrapping untuk mengetahui nilai T-Statistic dan P Value. Hasil penelitian menunjukkan Electronic Word-of-Mouth tidak signifikan terhadap Purchase Intention secara langsung. Di sisi lain, Social Media berpengaruh signifikan pada Purchase Intention secara langsung. Pada pengaruh tidak langsung Social Media berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention melalui Brand Attitude sebagai variabel mediasi. Sedangkan ada Electronic Wordof-Mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention melalui Brand Attitude sebagai variabel mediasi.

Kata Kunci: Social Media, Electronic Word-of-Mouth, Brand Attitude, Purchase Intention.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.