Perumusan Strategi Pengembangan Pariwisata pada Pantai Gemah di Kabupaten Tulungagung

Yogie Irvanda Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal, dan menganalisis perumusan strategi pengembangan pariwisata Pantai Gemah di Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dari lima orang narasumber dengan metode wawancara dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah Internal Factor Evaluation Matrix (IFE Matrix), External Factor Evaluation Matrix (EFE Matrix), Internal-External Matrix (IE Matrix) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM Matrix). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengambilan keputusan strategik serta visi dan misi pengembangan wisata Pantai Gemah dilakukan dalam musyawarah antara tiga pihak sesuai Perjanjian Kerja Sama antara Perum Perhutani, Pemerintah Kabupaten Tulungagung, dan LMDH/Pokdarwis/ Pemerintah Desa Keboireng. Berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal serta analisis perumusan strategi dalam rangka mengoptimalkan kekuatan, mengatasi kelemahan, serta merespon peluang dan mengatasi ancaman yang ada, dapat dirumuskan opsi strategi pengembangan wisata Pantai Gemah yang paling tepat untuk diimplementasikan adalah strategi penetrasi pasar.

Kata Kunci: Analisis Lingkungan, Strategi Pengembangan Wisata Pantai, IFE Matrix, EFE Matrix, IE Matrix, QSPM Matrix, Strategi Penetrasi Pasar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.