PENGARUH BRAND IMAGE, ONLINE REVIEW, DAN PERCEIVED TRUST TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK FASHION DI SHOPEE PADA KALANGAN KONSUMEN MILENIAL DI JAKARTA

Nathasya Felia Zahra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, online review, dan perceived trust terhadap purchase intention produk fashion di Shopee pada kalangan konsumen milenial di Jakarta. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, yaitu menjelaskan hubungan yang ada antar variabel dengan menguji hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 170 responden dimana penyebaran kuesioner dilakukan secara online dan offline dengan kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari responden yang berdomisili di Jakarta yang merupakan generasi milenial (kelahiran tahun 1980 – 2000), dan mengetahui tentang Shopee. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS ver. 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image Shopee bepengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention khususnya dalam bentuk warna brand, online review juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention produk fashion di Shopee khususnya pada online review yang berbentuk foto. Perceived trust juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention produk fashion di Shopee khususnya dari jasa pengiriman yang terpercaya.

Kata kunci: Brand Image, Online Review, Perceived Trust, Purchase Intention, Milenial.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.