ANALISIS HUBUNGAN FAKTOR GAYA HIDUP DAN FAKTOR PENGETAHUAN AGAMA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Wilayah Kelurahan Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri)

Adam Rivani

Abstract


Perilaku konsumsi merupakan suatu hal yang umum dilakukan oleh manusia yang mana kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dalam penelitian ini analisis dilakukan dengan melihat bagaimana hubungan atau korelasi antara pola perilaku konsumsi masyarakat, khususnya terhadap masyarakat pada wilayah Kelurahan Ngronggo di Kecamatan Kota Kediri terhadap kedua faktor penghubung yaitu Faktor Gaya Hidup beserta Faktor Pengetahuan Agama. Kedua faktor ini sendiri masing masing terdiri atas beberapa indikator-indikatornya, dimana Faktor Gaya Hidup sendiri terdiri atas ketiga indikator utama yaitu Aktivitas, Minat, dan Opini serta Faktor Pengetahuan Agama terdiri atas kelima indikator utama yaitu Keadilan, Kebersihan, Kesederhanaan, Kemurahan Hati, dan Moralitas. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dengan metode survei yang bersumber dari penyebaran selebaran kuesioner analisis terhadap sejumlah responden pada masyarakat di wilayah Kelurahan Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri. Sementara metode analisis yang digunakan berupa metode analisis faktor dengan jenis konfirmatori untuk menentukan hubungan atau korelasi serta mengkonfirmasi indikator yang ada, terkait dengan faktor penghubung yang telah disebutkan sebelumnya terhadap perilaku konsumsi masyarakat di wilayah Kelurahan Ngronggo. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa dari kedelapan komponen variabel indikator yang dianalisis yaitu Aktivitas, Minat, Opini, Keadilan, Kebersihan, Kesederhanaan, Kemurahan Hati, dan Moralitas; terdapat kedua faktor yang terbentuk atau dominan. Kedua faktor tersebut terkonfirmasi sebagai Faktor Gaya Hidup dan Faktor Pengetahuan Agama yang mana masing-masing memiliki hubungan erat terhadap perilaku konsumsi masyarakat kelurahan Ngronggo kecamatan Kota Kediri.

Kata Kunci : Perilaku Konsumsi, Aktivitas, Minat, Opini, Keadilan, Kebersihan, Kesederhanaan, Kemurahan Hati, Moralitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.