PENGARUH BAURAN RITEL TERHADAP MINAT BELI ULANG (STUDI PADA KONSUMEN TRANSMART MX MALL MALANG)

Khoerul Nasyikin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Retail yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, presentasi dan pelayanan terhadap minat beli ulang pada Transmart MX Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatori yang menjelaskan dan membuktikan pengaruh antar variabel melalui analisis data. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan ukran sampel sebanyak 170 responden. Responden adalah pelanggan yang mengunjungi Transmart MX malang minimal 1 kali. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 20.0. uji hipotesis dilakukan dengan Uji Simultan (f) dan Uji Parsial (t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, (2) variabel harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, (3) variabel lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, (4) variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, (5) variabel presentasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, (6) variabel pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Hasil penelitian bermanfaat sebagai bahan pertimbangan dalam praktek manajemen khususnya berkaitan dengan penerapan bauran ritel sebagai salah satu cara untuk menciptakan minat beli ulang pelanggan. Penelitian ini juga mempunyai implikasi praktis karena dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi Transmart MX Mall Malang dalam upaya untuk meningkatkan minat beli ulang pelanggan dimasa yang akan datang.

Kata Kunci : Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Presentasi, Pelayanan, Minat Beli Ulang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.