Analisis Strategis Bisnis pada Cousie Clothing untuk Mencapai Competitive Advantage

Adelia Rahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis pada small business yaitu Cousie Clothing untuk mencapai competitive advantage agar dapat bersaing ditengah sengitnya persaingan di industri fashion. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu mengumpulkan data dan fakta yang menjelaskan karakteristik orang, kejadian atau situasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara bersama informan yang terdiri dari pemilik, konsumen dan calon konsumen serta didukung oleh observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil dari data dan fakta yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan analisa SWOT yang terdiri dari tiga tahap yaitu input stage, matching stage dan decision stage. Berdasarkan hasil analisis SWOT dapat disimpulkan bahwa (1) posisi Cousie ditengah persaingan pasar saat ini berada pada strategi cost leadership dengan tipe strategi best – value dan (2) matriks QSPM pada decision stage menunjukkan bahwa Cousie perlu melakukan strategi hold and maintain dan dapat didukung oleh strategi diversification.

Kata Kunci: strategi bisnis, competitive advantage, analisis SWOT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.