ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, MICRO INFLUENCER, DAN BRAND TRUST TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi Pada Mahasiswa/i Yang Mengetahui Aplikasi CICIL.CO.ID di Universitas Brawijaya Kota Malang)

Adhitya Purnamansah

Abstract


Financial Technology adalah industri baru yang menggunakan teknologi untuk mengoptimalkan aktivitas di bidang keuangan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi seseorang dalam menggunakan jasa perusahaan financial technology. Penelitian ini menyelidiki pengaruh langsung variabel Electronic Word-of-Mouth, Micro Influencer, dan Brand Trust terhadap Purchase Intention pada 170 responden yang mengetahui aplikasi Cicil.co.id, dengan kriteria berusia minimal 18 tahun dan merupakan mahasiswa Universitas Brawijaya. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi. Lalu, data dianalisis menggunakan software IBM SPSS Versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Electronic Word-of Mouth, Micro Influencer, dan Brand Trust terhadap Purchase Intention. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan khususnya kepada perusahaan Financial Technology untuk dapat membuat strategi yang dapat meningkatkan minat beli konsumen.

Kata Kunci: Electronic Word-of-Mouth, Micro Influencer, Brand Trust, Purchase Intention


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.