PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Produk Kosmetik Make Over di Universitas Brawijaya)

Almala Khuba Revas Silvia

Abstract


Citra merek mendeskripsikan sifat ekstrinsik dari produk atau layanan, termasuk cara merek tersebut berusaha memenuhi kebutuhan sosial dan psikologis konsumen. Brand image merepresentasikan asosiasi yang ada di dalam ingatan konsumen saat membayangkan atau memikirkan merek tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Produk Kosmetik Make Over di Universitas Brawijaya. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen Produk Kosmetik Make Over di Universitas Brawijaya. Metode pengambilan sampel adalah Accidental Sampling kepada 100 responden dan menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan data. Alat analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial dan simultan variabel dimensi citra diri yang terdiri dari favorability of brand association, Strength of brand association dan Uniqueness of brand association berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Produk Kosmetik Make Over. Nilai variabel R square (X) dan variabel (Y) adalah 0,554. Berdasarkan hasil tersebut, nilai persentase variabel independen mempengaruhi variabel dependen terhadap Keputusan Pembelian sebesar 55,4%, sedangkan 44,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Kata kunci: Citra merek, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.