STRATEGI LITERASI VISUAL DALAM MENINGKATKAN BRAND EQUITY PADA LIKHA THE LABEL

Nurul Layyina

Abstract


Saat ini persaingan usaha dibidang mode sangat kuat dikarenakan semakin banyaknya usaha sejenis yang muncul serta perkembangan mode yang sangat cepat berubah. Melihat hal tersebut, Likha the Label perlu memiliki strategi yang tepat agar dapat bersaing di dunia mode Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui strategi yang tepat dalam meningkatkan brand equity pada Likha the Label agar usaha bisnis dapat bersaing serta bertahan di era mode Indonesia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penyebaran kuesioner, observasi, dan pendokumentasian. Teknik analisa menggunakan analisis matriks SWOT, SWOT Choosing, matriks IFE dan EFE, serta matriks IE. Data-data tersebut diperkuat oleh hasil penyebaran kuesioner. Dari hasil analisis SWOT yang sudah dinilai oleh informan membuktikan keunggulan utama dari Likha the Label adalah memiliki desain yang orisinil serta memperkenal kebudayaan Indonesia dengan menarik melalui produknya. Likha the Label dapat disimpulakan melalui IE Matriks bahwa usaha ini tergolong ke dalam kuadran IV yaitu grow and build, Likha the Label perlu melakukan strategi product development, market penetration, dan market development. Keseluruhan proses penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan bahwa strategi literasi visual merupakan strategi yang tepat untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan selanjutnya untuk meningkatkan brand equity yang termasuk brand awareness, brand knowledge, serta brand image pada bisnis Likha the Label. Sehingga strategi literasi visual akan dapat mempertahankan kelangsungan usaha Likha the Label dan juga strategi literasi visual dapat mewakilkan strategi yang direkomendasikan dari kuadran IV.

Kata kunci: Strategi Literasi Visual, Brand Equity, Strategi Bisnis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.