Pengaruh Faktor Ekonomi, Bisnis dan Institusi Terhadap Arus Masuk Penanaman Modal Asing (Studi Kasus 11 Negara di Kawasan Asia Pasifik)

Amalia Safira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor ekonomi. bisnis dan institusi terhadap arus masuk Penanaman Modal Asing (PMA). penelitian dilakukan dengan studi kasus pada wilayah Asia-Pasifik pada tahun 2009 hingga 2018. Sampel penelitian diperoleh melalui pengumpulan data sekunder menggunakan metode penelitian kuantitatif regresi data panel. Dalam penelitian ini ditemui hasil bahwa variabel ekonomi yaitu Produk Domestik Bruto (PDB) dan Keterbukaan Perdagangan, variabel Bisnis yaitu kemudahan berbisnis dan variabel institusi ditandai dengan kualitas pemerintah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap PMA. Variabel institusi, kualitas pemerintah memiliki hubungan negatif sementara variabel lainnya memiliki arah hubungan yang positif.

Keywords: Penanaman Modal Asing (PMA), Produk Domestik Bruto (PDB), Keterbukaan Perdagangan, Kualitas Pemerintah, Kemudahan Berbisnis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.