PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, PELAYANAN PERPAJAKAN, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kramat Jati)

Devina Budi Anindyajati

Abstract


Setiap wajib pajak memiliki kewajiban untuk melaporkan dan membayarkan pajak terutangnya, akan tetapi dari tahun ke tahun SPT tahunan yang dilaporkan masih mengalami fluktuasi. Masalah kepatuhan wajib pajak menjadi kendala dalam memaksimalkan penerimaan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran wajib pajak, pelayanan perpajakan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Objek penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di wilayah kerja KPP Pratama Jakarta Kramat Jati. Data sampel yang berhasil diperoleh dalam penelitian berjumlah 100 kuesioner yang didistribusikan secara langsung kepada wajib pajak dengan menggunakan metode accidental sampling. Model evaluasi yang digunakan adalah model pengukuran (outer model) dan model struktural (inner model) dengan menggunakan program analisis data Partial Least Square (PLS). Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesadaran wajib pajak dan sanksi pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan pelayanan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak.

Kata kunci : Kesadaran Wajib Pajak; Pelayanan Perpajakan; Sanksi Pajak; Kepatuhan Wajib Pajak; KPP Pratama Jakarta Kramat Jati; Partial Least Square (PLS).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.