MINAT INDIVIDU MENGIKUTI SERTIFIKASI CPA (CERTIFIED PUBLIC ACCOUNTANT) DALAM RANGKA MENITI KARIR SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK: PENDEKATAN THEORY REASONED ACTION (TRA), MODEL KEBUTUHAN ABRAHAM MASLOW DAN MODEL KEBUTUHAN MC CLELLAND

Nancy Novita Theresia Pakpahan

Abstract


Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh sikap, norma subjektif, motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi gelar dan motivasi prestasi terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti sertifikasi CPA (Certified Public Accountant). Penelitian ini didasarkan pada pendekatan model Theory Reasoned Action (TRA), model kebutuhan Abraham Maslow dan sebagian model kebutuhan Mc Clelland. Populasi penelitian in adalah mahasiswa aktif akuntansi S1 angkatan 2017 Universitas Brawijaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 196 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari kuesioner yang dibagikan. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda (multiple linear regression) dengan aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi gelar dan motivasi prestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi Universitas Brawijaya untuk mengikuti sertifikasi CPA. Implikasi praktis dari penelitian ini diharapakan ini dapat menjadi referensi Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI), Pemerintah serta Universitas Brawijaya dalam upaya meningkatkan minat mahasiswa untuk menjadi akuntan publik yang bersertifikasi CPA di Indonesia.

Kata Kunci: Sikap, Norma Subjektif, Motivasi Karir, Motivasi Ekonomi, Motivasi Gelar, Motivasi Prestasi, Minat, Theory Reasoned Action (TRA), Kebutuhan Abraham Maslow, Kebutuhan Mc Clelland, CPA.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.