ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA PEMBANGUNAN CV. LATAR IJEN DI KOTA MALANG

Andy Rachman Trinugraha

Abstract


Saat ini, UMKM mulai diperhatikan serta didukung perkembangannya oleh pemerintah sehingga bisa berkontribusi cukup besar kepada negara. Hal tersebut tentunya sangat cocok dengan Wilayah Malang Raya sebagai kesatuan metropolitan pada Provinsi Jawa Timur yang memiliki peluang besar sebagai wadah UMKM. Peningkatan Upah Minimum Kota Malang yang berimbas pada kemampuan daya beli, bertambahnya pembangunan infrastruktur kota, dan pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia menjadi faktor-faktor dari masuknya investasi khususnya unit usaha di bidang wisata kuliner. Meningkatnya kemampuan daya beli juga berpengaruh dengan meningkatnya kelas ekonomi pasar dan jenis usaha kuliner premium. Strategi bersaing dalam suatu usaha sangat penting dalam meningkatkan daya saing dan memenuhi permintaan pasar yang dinamis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui posisi serta penerapan strategi bersaing CV. Latar Ijen sebagai unit usaha premium melalui analisis lingkungan yang meliputi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Alat Analisis yang akan digunakan dalam penelitian adalah Matriks SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman), Evaluasi Faktor Eksternal (EFAS), Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFAS), Matriks Internal-Eksternal, dan Matriks Perencanaan Kuantitatif atau QSPM.

Kata Kunci: Strategi Bersaing, UMKM, Usaha Kuliner, Analisis Lingkungan, Perusahaan, Matriks SWOT, QSPM, CV Latar Ijen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.