Penerapan Business Model Canvas pada Perusahaan Logistik PT. Dinoyo Putra

Patrick Bagasminulyo Hardojo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui Business Model Canvas yang tepat bagi PT. Dinoyo Putra ke depannya. Penelitian dilakukan di dua tempat, yang pertama di kantor Dinoyo Putra yang berada di Jakarta, yang kedua di kantor Dinoyo Putra yang berada di Malang. Jenis penelitain adalah deskrptif kualitatif dengan pendekatan business model canvas. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer didapatkan dari hasil wawancara kepada tiga responden. Hasil penelitian menghasilkan 9 blok business model canvas dan model bisnis yang tepat bagi Dinoyo Putra. Kesembilan komponen tersebut adalah segmen pelanggan yang meliputi perusahaan lain; proporsi nilai yang meliputi komunikasi yang baik, kualitas armada yang baik, dan kualitas SDM yang baik; saluran meliputi saluran langsung (door-to-door); hubungan pelanggan meliputi hubungan jangka panjang; arus pendapatan meliputi pendapatan dari pembayaran jasa; sumber daya utama meliputi asset berwujud, aset tidak berwujud, sumber daya manusia, dan sumber daya finansial; aktivitas kunci meliputi penyediaan armada; kemitraan utama tidak ada; sturktur biaya meliputi biaya variabel dan biaya tetap. Dinoyo Putra memiliki harapan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, oleh karena itu ada beberapa perubahan yang harus dilakukan dan menghasilakn Business Model Canvas baru yang lebih mendukung usaha PT. Dinoyo Putra kedepannya

Kata Kunci : PT. Dinoyo Putra, business model canvas, perusahaan logistik, model bisnis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.