Pengaruh Financial Distress, Pertumbuhan Perusahaan, Audit Lag, dan Ukuran Kantor Akuntan Publik terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Pada Perusahaan Jasa Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

Najda Umma Laila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh financial distress, pertumbuhan perusahaan, audit lag, dan ukuran Kantor Akuntan Publik terhadap opini audit going concern pada perusahaan jasa non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2019. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang telah diaudit dan laporan auditor independen yang diperoleh dari website resmi BEI. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 156 sampel yang ditentukan melalui metode purposive sampling. Analisis yang digunakan untuk menguji pengaruh antara variabel-variabel dalam penelitian adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial distress berpengaruh positif terhadap opini audit going concern, audit lag berpengaruh positif terhadap opini audit going concern, dan ukuran Kantor Akuntan Publik berpengaruh negatif terhadap opini audit going concern. Di sisi lain, pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern. Berdasarkan hasil penelitian, financial distress dan audit lag dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan auditor dalam memberikan opini audit going concern.

Kata kunci: opini audit going concern, financial distress, pertumbuhan perusahaan, audit lag, ukuran Kantor Akuntan Publik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.