STRATEGI PEMASARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Sambal Mbok Bariah di Kota Malang)

Wika Dwi Sampita

Abstract


Pemasaran online merupakan upaya yang dilakukan sebuah perusahaan untuk mempertahankan usahanya disaat maraknya pengguna media sosial dan pandemi Covid19 yang mengharuskan masyarakat untuk tetap tinggal di dalam rumah dan mengurangi aktivitas keluar rumah. Objek dalam penelitian ini adalah Sambal Mbok Bariah yang merupakan usaha kuline sambal instan di Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pemasaran online dalam meningkatkan penjualan melalui segmenting, targeting, and positioning (STP) dan marketing mix. Fokus masalah dalam penelitian ini terkait kendala yang dihadapi, penerapan dan perkembangan penjualan dengan strategi pemasaran online. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa data primer dari wawancara, serta data sekunder berupa dokumen, jurnal dan sebagainya. Alat analisis yang digunakan yaitu SWOT analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasaran online efektif untuk meningkatkan penjualan dan melalui SWOT analysis dapat diketahui adanya pilihan strategi untuk meningkatkan penjualan.

Kata kunci: Strategi Pemasaran Online, Penjualan, Segmenting, Targetting, Positioning, Marketing Mix, SWOT Analysis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.