PENGARUH KUALITAS WEBSITE, NILAI UTILITARIAN, DAN HEDONIS TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA LAYANAN TRAVELOKA (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Traveloka Di Kota Malang)

Previanty Rodhiana Izmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website, nilai utilitarian, dan nilai hedonis terhadap minat beli pengguna layanan Traveloka di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan perbedaan antara satu variabel dengan variabel lainnya melalui pengajuan hipotesis dan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel populasi sebanyak 170 responden yang terdiri dari mahasiswa pada universitas-universitas yang ada di Kota Malang. Pengambilan sampel pupulasi dilakukan dengan cara purposive sampling dengan karakteristik pengguna minimal 17 tahun, mengetahui informasi tentang layanan Traveloka, dan Mahasiswa berdomisili di Kota Malang atau menetap sementara di Kota Malang. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar secara online dan offline. Kuesioner terdiri dari item item pertanyaan tentang deskripsi karakteristik responden dan penyataan pernyataan terkait variabel penelitian. Kuesioner terlebih dahulu diuji menggunakan uji Validitas dan Reabilitas. Uji Asumsi Klasik dilakukan sebelum melakukan Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan SPSS ver 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas website, nilai utilitarian, dan nilai hedonis secara parsial memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat beli. Fakta ini menunjukkan apabila variabel kualitas website, nilai utilitarian, dan nilai hedonis mengalami peningkatan maka minat beli juga kan mengalami peningkatan dikalangan mahasiswa universitas yang bedomisili di Kota Malang.

Kata Kunci: Kualitas Website, Nilai Utilitarian, Nilai Hedonis, Minat Beli.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.