USULAN PERBAIKAN PROSES BISNIS DENGAN METODE BUSINESS PROCESS REENGINEERING (STUDI KASUS : CAFÉ TERMINAL MIE DIKOTA MALANG)

Wiwanda Agus Widodo

Abstract


Penelitian ini membahas tentang upaya perbaikan proses bisnis pada sebuah café yang mengalami permasalahan kualitas layanan dan sistem kerja yang belum teratur. Penelitian ini mengambil objek Cafe Terminal Mie di Kota Malang karena muncul banyak komplain dari pelanggan bahkan karyawan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan memperbaiki kinerja layanan dan proses bisnis menggunakan business process reengineering sebagai motode analisis karena memiliki ruang lingkup yang luas dan memungkinkan untuk membangun sistem kerja yang baku. Hasil penelitian menemukan bahwa proses bisnis yang dijalankan selama ini masih konvensional dan tidak terkelola dengan baik. Usulan perbaikan yang direkomendasikan penelitian ini adalah dengan menghitung kebutuhan tenaga kerja menggunakan work force analysis, membauat job description, standart operating procedure, key performance indicator serta bisnis proses baru yang digambarkan dalam flowchart.

Kata kunci : business process reengineering, work force analysis, job description, standart operating procedure, key performance indicator.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.