ANALISIS PENGARUH AMH, JUMLAH PENDUDUK, PENGANGGURAN, AHH, dan PDB TERHADAP KEMISKINAN di INDONESIA, MALAYSIA, dan THAILAND pada TAHUN 2000-2020

Ratih Dewi Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi angka Kemiskinan di Indonesia, Malaysia, dan Thailand pada tahun 2000 2020. Penelitian ini menggunakan regresi data panel untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Adapun variabel terikat pada penelitian ini adalah kemiskinan, serta variabel bebas yaitu angka melek huruf (AMH), jumlah penduduk, pengangguran, angka harapan hidup (AHH), dan produk domestic bruto (PDB). Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa adanya pengruh positif dan signifikan antara angka melek huruf (AMH) dan produk domestic bruto (PDB) terhadap kemiskinan, serta variabel jumlah penduduk, pengangguran,dan Angka Harapan Hidup memiliki pengaruh negative dan signifikan terhadap kemiskinan.

Kata kunci: Kemiskinan, Angka Melek Huruf, jumlah penduduk, pengangguran, Angka Harapan Hidup (AHH), dan Produk Domestik Bruto (PDB)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.