PENGARUH “EXPERIENTAL MARKETING” TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG DI OBJEK WISATA TAMAN BUNGA SELECTA BATU

Wana Firdayanti

Abstract


Experiential marketing adalah suatu konsep pemasaran yang bertujuan membentuk pelanggan yang loyal dengan cara menyentuh emosi pelanggan dengan menciptakan pengalaman-pengalaman positif dan memberikan suatu feeling yang positif terhadap jasa dan produk mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui loyalitas pengunjung Taman Wisata Bunga Selecta Kota Batu berdasarkan Strategi Experiental Marketing (Sense, Feel, Think, Act, Relate). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakannon probability sampling, yaitu teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yang menggunakan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Random Sampling terhadap objek yang diteliti, Lokasi penelitian ini lebih difokuskan kepada responden yang dipilih oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pengunjung Objek Wisata Taman Bunga Selecta Kota Batu. Hasil pengujian korelasi menunjukkan bahwa hanya variabel sense, feel, think, act, dan relate memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan pengunjung. Hasil pengujian model regresi menunjukkan bahwa variabel sense, feel, think, act, dan
relate, secara keseluruhan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung.

Kata Kunci: Experiental Marketing, Sense, Feel, Think, Act, Relate, dan Kepuasan Pengunjung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.