IMPLEMENTASI CREATING SHARED VALUE (CSV) PADA PT AJINOMOTO INDONESIA PABRIK MOJOKERTO

Aksiomawati S.Ak.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam informasi terkait penerapan Creating Shared Value (CSV) pada PT Ajinomoto Indonesia Pabrik Mojokerto dengan program yang bernama Ajinomoto Shared Value (ASV). CSV bertujuan untuk menciptakan nilai bersama yang dihasilkan dari program perusahaan. Terdapat tiga indikator dalam implementasi CSV yaitu memulihkan produk dan pasar, redefinisi produk dalam rantai nilai serta perkembangan kluster lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang berlokasi di PT Ajinomoto Indonesia Pabrik Mojokerto. Informan pada penelitian ini berasal dari pihak pabrik dan masyarakat Desa Penompo dan Mlirip. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT Ajinomoto Indonesia Pabrik Mojokerto telah melakukan implementasi program CSV sesuai dengan indikator CSV yang ada namun untuk beberapa programnya belum dilakukan dengan optimal. Penyebab belum berhasilnya indikator perkembangan kluster lokal yang dilakukan perusahaan yaitu masih belum meratanya program bina lingkungan dan belum adanya program pemberdayaan masyarakat untuk warga sekitar lingkungan perusahaan yang sampai saat ini belum ada pembicaraan lebih lanjut antara perusahaan. Sejauh ini program CSV yang dilakukan perusahaan lebih fokus pada permasalahan lingkungan, pembangunan infrastruktur dan tingkat kesehatan masyarakat sekitar perusahaan.

Kata kunci : Creating Shared Value (CSV), Ajinomoto Shared Value (ASV), implementasi, kualitatif deskriptif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.