ANALISIS KELAYAKAN BISNIS SYARIAH FESYEN MUSLIM (Studi kasus pada Bisnis Fesyen Muslim Craftaf)

Tafia Layalia Leksana

Abstract


Konsumsi warga muslim di Indonesia terus mengalami peningkatan dan pertumbuhan seiring terus berkembangnya jumlah umat muslim di seluruh dunia. Hal ini berpengaruh positif kepada bisnis syariah, salah satunya sektor fesyen muslim yang menjadi peringkat tiga dalam jumlah konsumsi. Namun sayangnya peningkatan tersebut tidak dimbangi dengan perkembangan lingkungan bisnis syariah yang baik di dalam negeri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan bisnis syariah rintisan Craftaf yang bergerak di sektor fesyen muslim. Aspek bisinis yang telah ditentukan berdasarkan pada kebutuhan bisnis dan hasil analisis Strength, Weakness, Oportunity dan Threat pada sektor fesyen muslim. Penelitian mengunakan metode observasi internal partispatif untuk mengumpulkan data pada aspek produksi dan keuangan. Selain itu menggunakan metode wawancara untuk aspek sumber daya manusia, terakhir survey dan observasi eksternal untuk aspek pemasaran. Dengan hasil pada setiap aspek yang sepenuhnya layak, penelitian ini disajikan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Selain layak dari hasil penelitian ini craftaf telah sesuai dengan ketentuan syariah dan memiliki keberlanjutan untuk menjalankan usaha kedepannya.

kata kunci: kelayakan bisnis syariah, produksi, pemasaran, sumber daya manusia, keuangan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.