PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA FURENDORI BETTA JAKARTA SELATAN)

Andre Danio Hasiholan Silalahi

Abstract


Citra merek berguna untuk menempatkan posisi perusahaan, produk, pasar dan hubungan dengan konsumen. Kebanyakan konsumen selalu beranggapan bahwa ketika suatu perusahaan memiliki citra merek yang baik, maka produk tersebut merupakn produk yang berkualitas di mata mereka, begitupun sebaliknya ketika suatu perusahaan memiliki citra merek yang buruk, maka produk tersebut merupakan produk yang tidak memiliki nilai di mata pelanggan. Kesadaran merek dihubungkan pada kuatnya kesan yang diberikan oleh sebuah perusahaan, yang kemudian tersimpan dalam memori yang direflesikan pada kemampuan pelanggan untuk mengingat kembali atau mengenali kembali sebuah merek di dalam kondisi yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian di Furendori Betta Jakarta Selatan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research. Jenis pengambilan sampel secara non-probabilitas dengan teknik purposive sampling. Sampel ini terdiri dari 170 responden. Metode pengumpulan data dengan menggunakan Skala Likert lima poin. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek dan kesadaran merek memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan penelitian ini implikasi yang dapat diberikan adalah menyiapkan produk ikan cupang yamg lebih berkualitas, sehingga dapat meningkatkan citra merek dan keputusan pembelian. Implikasi lainnya adalah meningkatkan kesadaran merek agar semakin dikenal oleh calon konsumen potensial.

Kata Kunci : Citra Merek, Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian, Furendori Betta


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.