PENGARUH BANDWAGON EFFECT, VEBLEN EFFECT, DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA DI MASA PANDEMI COVID-19

Ananta Yudistira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif konsumen dalam melakukan pembelian sepeda di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksplanasi yang bertujuan untuk mengkaji hubungan kausalitas antar dua fenomena atau antar variabel. Dalam penelitian ini, terdapat tiga variabel independen, yakni bandwagon effect, veblen effect, dan pendapatan, serta satu variabel dependen, yaitu keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 76 responden dengan kritera sudah diatas 17 tahun dan melakukan pembelian sepeda di masa pandemi Covid-19 melalui penyebaran kuesioner secara daring. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 25 dan metode pengujian regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bandwagon effect dan veblen effect memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda di masa pandemi Covid-19. Sedangkan variabel pendapatan, tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda di masa pandemi Covid-19.

Kata Kunci : Bandwagon Effect, Veblen Effect, Pendapatan, Keputusan Pembelian Sepeda, Pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.